11. Peranan Koperasi
Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi
memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan
kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas
kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian
nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar
bangsa.
Peran koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga
saat ini sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau
berdagang pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja peranan yang
dilakukan koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil
yang ada dalam masyarakat.
Peranan koperasi
dalam perekonomian Indonesia adalah :
- Alat pendemokrasi ekonomi
- Alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
- Membantu pemerintah dalam mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak
- Sebagai soko guru perekonomian nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi nasional)
- Membantu pemerintah dalam meletakkan fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan menjalankan prinsip-prinsip koperasi Indonesia
Peran Koperasi diberbagai Keadaan Persaingan
a.
Dipasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah struktur
pasar yang paling banyak di gunakan oleh para ahli ekonomi sebagai dasar
analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna :
-
Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
-
Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
-
Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
-
Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
Dalam jangka panjang dapat diharapkan (dengan asumsi bebas
masuk dan keluar dari pasar) keunggulan kompetitif dapat tercipta dengan
introduksi inovasi terbaru. Kondisi keunggulan jangka panjang dari keanggotaan
koperasi adalah lebih sulit untuk direalisasi oleh koperasi, terutama di
negara-negara sedang berkembang. Banyak ahli teori koperasi yang pada akhirnya
berkesimpulan bahwa dalam pasar persaingan sempurna koperasi tidak dapat
memberikan kelebihan/ keunggulan dibanding dengan Perusahaan Non Koperasi.
b.
Dipasar monopolistic
Pasar
Monopolistik adalah bentuk dari organisasi pasar, dimana hanya ada satu
perusahaan atau penjualan suatu produk di pasar yang bersangkutan.
Dari sudut cakupan, monopoli ada yang bersifat lokal, regional, dan nasional.
misal yang bersifat lokal : KUD sebagai penyalur tunggal kredit usaha tani
(KUT) dan pupuk. yang bersifat regional : dapat di lihat dalam penyediaan air
minum bersih di mana di monopoli oleh perusahaan daerah air minum (PDAM).
Sedangkan yang bersifat nasional : mopoli di bidang layanan pos, telepon,
telegram, dan listrik.
Cirri ciri pasar monopolistic :
-Banyak
pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
-
Produk yang dihasilkan tidak homogen
-
Ada produk substitusinya
-
Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
-
berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
c.
Dipasar monopsoni
Bentuk pasar ini
merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan dan pembelinya. Dalam
pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan
dan penawaran dimana permintannya atau pembeli hanya satu perusahaan
d.
Dipasar ologopoli
Oligopoli adalah
struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai
pasar, baik secara independen maupun secara diam-diam bekerja sama.
Banyak koperasi
di pasar-pasar lokal yang telah berintegrasi vertikal atau pasar-pasar yang
lebih besar dimana perusahaan-perusahaan yang telah mapan masih sangat
terbatas. Hal ini menunjukkan bahwa koperasi telah berada di struktur pasar
oligopoli yaitu struktur pasar dengan hanya terdapat beberapa penjual yang
menyebabkan kegiatan penjual yang satu mempunyai peranan penting bagi penjual
yang lain.
Cirri-ciri pasar ini :
- Terdapat beberapa penjualprodusen yang menguasai
pasar
- Barang
yang di perjual-belikan dapat bersifat homogen ataupun berbeda
- Terdapat hambatan masuk bagi perusahaan diluar pasar
untuk masuk kedalam pasar
- Merupakan salah satu pasar price leader yaitu
penjual yang memilki pasar terbesar.
http://ikesetiani.wordpress.com/2012/12/01/peranan-koperasi/
http://rachmadhidayatullah02.blogspot.com/2013/01/peranan-koperasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar