Kualitas jasa susah untuk diukur dan bergantung pada persepsi pada ekspektasi dibandingkan kenyataan serta persepsi pada
proses dan output-nya .Adapun kualitas jaga digolongkan dalam dua hal yaitu .
a.
Normal, yaitu pengantaran jasa secara rutin.
b.
Eksepsional,
yaitu bagaimans dapat mengatasi permasalahan.
Manajer operasional memainkan peranan penting dalam mengatasi beberapa aspek utama kualitas jasa yaitu:
a.
Komponen terukur dari banyak jasa yang penting
b.
Proses jasa.
c.
Manajer dapat mempengaruhi harapan jasa.
d.
Manajer harus dapat mengharapkan pengecualian.
Keempat aspek utama tersebut merupakan kunci jasa yang
berkualitas.Adapun yang menentukan kualitas jasa adalah
a.
Reliabilitas berhubungan dengan konsistensi kinerja dan kebergantungan.
b.
Daya saing berhubungan dengan kesiapan karyawan menyediakan layanan jasa.
c.
Kompetensi berarti kepemilikan kemampuan yang
dibutuhkan untuk menyelenggarakan jasa.
d.
Akses mengandung arti mudah didekati dan kemudahan kontak.
e.
Kesopanan berhubungan dengan saling menghormati,
keramahan.
f. Komunikasi berarti dapat menggunakan bahasa yang
mudah dimengerti konsumen.
g. Kredibilitas mengandung arti dapat dipercaya, jujur.
h.
Keamanan adalah bebas dari ketakutan dan keraguan.
i. Memahami berhubungan dengan mengenal kebutuhan konsumen.
j.
Nyata termasuk bukti fisik dari jasa.
Kualitas adalah istilah yang memiliki arti yang berbeda bagi
orang yang berbeda.Kualitas merupakan fitur atau karakteristik total
dari sebuah produk barang atau jasa yang
dikaitkan dengan kemampuannya memuaskan kebutuhan yang terlihat maupun tersirat.
menetapkan harapan kualitas sangat penting bagi operasi yang efesien dan efektif.
Untuk mencapai kualitas perlu penerapan konsep Total Quality
Management. Karena kualitas tidak dapat diperiksap ada sebuah produk.Topic
ini membahas enam konsep Total Quality Management agar
efektif serta berbahagia hal berkaitan dengan kualitasjasa.
Comment: So the quality of the services it is very important to support a company that produces goods or services. Because of the good quality of services will affect a higher quality product as well.
Source: Sari Kuliah Manajemen Produksi by Daryanto
Source: Sari Kuliah Manajemen Produksi by Daryanto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar