REVIEW PAPER
Analisis Strategi Pemasaran
Produk Asuransi Jiwa
Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok
Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok
1Abung Fayshal
2Henny Medyawati
2Henny Medyawati
1Mahasiswa Program DIII, Manajemen Pemasaran, Universitas Gunadarma
Abung_fayshal@yahoo.co.id
2LEPMA, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Pendahuluan
Dalam kehidupan sehari – hari kita melakukan kegiatan
yang bermacam-macam, seperti kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran sebagai
salah satu kegiatan operasional perusahaan merupakan hal penting guna
meningkatkan volume penjualan serta mengenalkan barang atau jasa yang akan
ditawarkan kepada masyarakat.Untuk mengenalkan suatu produk , perusahaan
memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada konsumen. Akan tetapi, keputusan
konsumen dalam menjatuhkan pilihan sangat dipengaruhi oleh persepsi yang ada
dibenaknya (Kertajaya, 1996).
Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan
terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat factor dari
bauran pemasara (Marketing Mix). Bauran
pemasaran digunakan untuk menggambarkan set variable pemasaran yang dipakai
oleh organisasi untuk menghasilkan pertukaran dengan konsumen (Goodwin, 1994).
Bermacam-macam factor dalam bauran pemasaran tetapi berkaitan dengan distribusi
(place) dalam bauran pemasaran,
secara umum perusahaan perusahaan asuransi menggunakan tiga jenis utama dari system
distribusi, yaitu berdasarkan (1) system keagenan (agency-building
distribution system), (2) the multiple line agency system dan (3) the
home service system (Goodwin, 1994).
Perusahaan asuransi harus melakukan analisis dengan
cermat untuk mengidentifikasi faktor yang paling efektif dan yang paling
ekonomis. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan asuransi harus meninjau seluruh
bauran secara rinci. Selain itu, perusahaan asuransi harus meninjau penerapan
bauran pemasaran secara teratur pemasaran, departemen pemasaran juga harus
bekerja sama dengan departemen lain dalam penerapan bauran pemasaran. Jadi
bauran pemasaran dapat didefinisikan sebagai upaya mengintegrasikan tawaran
dari perusahaan yang terdiri dari produk dan harga yang disertai akses (jalur)
yang baik dan komunikasi yang dapat menyampaikan informasi mengenai produk
,merk dan perusahaan sehingga tercipta kekuatan di pasar.
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan
menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan AJB Bumiputera Syariah, dalam
hal ini khususnya AJB Bumiputera Syariah yang terletak di kantor cabang Depok.
AJB
Bumiputera Syariah yang merupakan objek penelitian ini, merupakan perusahan
asuransi yang sudah lama berkembang di Indonesia. AJB Bumiputera Syariah sendiri
sudah menjadi salah satu perusahaan yang terbesar dan salah satu yang terlama di
Indonesia. Untuk menjadi perusahaan asuransi yang terbesar dan terlama tidaklah
mudah, diperlukan strategi manajemen dan pemasaran yang kuat.
Metodologi Penelitian
Objek dalam penelitian ini adalah
perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Syariah Cabang Depok yang
beralamat: Jl.Margonda Raya No.270A Kota Depok, yang bergerak dalam asuransi
jiwa berbasis syariah dengan metode observasi langsung. Adapun kegiatan kerja praktek pada AJB Bumiputera ada pada Tabel 1. berikut.
No
|
TANGGAL
|
KEGIATAN KERJA PRAKTEK
|
1.
|
1 Agustus 2011
|
Perkenalan
|
2.
|
2 Agustus 2011
|
Pengenalan
produk-produk asuransi
|
3.
|
3-10 Agustus
2011
|
Mendalami cara
pemasaran produk AJB BUMIPUTERA SYARIAH dengan Supervisor
|
4.
|
11-15 Agustus
2011
|
Pengambilan
data berupa Latar belakang sejarah perusahaan dan struktur organisasi dan
Mempelajari dan memahamu satu persatu produk AJB BUMIPUTERA SYARIAH
|
5.
|
16-18 Agustus
2011
|
Ikut terjun
langsung kelaparan bersama Supervisor
|
6.
|
19 Agustus
2011
|
Menyelesaikan
Kerja Praktek
|
Hasil dan Pembahasan
Berdasarkan hasil pengamatan danpraktek
langsung, AJB Bumiputera Syariah menerapkan strategi bauran pemasaran. Adapun
rincian bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan adalah sebagai berikut:
Product
(Product)
Berikut ini adalah
uraian untuk kedua produk asuransi tersebut:
Produk
Asuransi Investasi:
-
Mitra Iqro : Asuransi Pendidikan
-
Mitra Sakinah : Asuransi Pensiun
-
Mitra Mabrur : Asuransi Haji
Produk
Asuransi Umum
-
Asuransi Rumah
-
Asuransi Kecelakaan Diri
-
Asuransi Kesehatan
-
Asuransi Mobil
-
Asuransi Motor
-
Asuransi Karyawan
-
Asuransi Siswa/Mahasiswa
-
Asuransi Lainnya baik untuk perorangan maupun perusahaan/Intansi
Harga
(Price)
Adapun contoh ilustrasi untuk
perhitungan premi asuransi syariah Mitra Iqra adalah sebagai berikut: (Asuransi
Bumiputera Syariah, 2012).
Jika besar simpanan premi Rp.
6000/hari, maka total premi setahun Rp. 2.160.000, usia pemegang polis adalah
30 tahun, memiliki anak usia 1 tahun dan masa asuransi 17 tahun maka manfaat
awal yaitu tota premi 17 tahun adalah Rp. 36.720.000,00. Asumsi hasil investasi
12% dan bagian hasil investasi 70%.. Hasil manfaat yang diperoleh:
Total simpanan premi selama 17
tahun Rp. 36.720.000,00 (Manfaat Awal-MA). Manfaat total simpanan premi akan
diberikan kepada anak pada saat masuk sekolah yaitu:
TK (10% MA) = Rp. 3.672.000
SD (10%MA) = Rp. 3.672.000
Distribusi/Tempat
(Place)
Faktor penunjang lainnya seperti
letak kantor operasional AJB Bumiputera Syariah Cabang Depok, yang terletak di
Jl. Margonda Raya Depok, relatif strategis karena berada di kawasan jalan
utama. Hal ini memudahkan bagi para konsumen yaitu pemegang polis yang ingin
mencari informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi jiwa syariah, dan untuk
lokasi pembayaran premi. Kantor pusat AJB Bumiputera Syariah terletak di Jl.
Wolter Monginsidi No. 63/43 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.
Promosi
(Promotion)
Promosi yang dilakukan oleh AJB
Bumiputera Syariah yaitu dengan menjadi sponsor seminar-seminar asuransi
berbasis syariah dengan tujuan mengambil keuntungan dari digelarnya seminar
tersebut. Kesempatan yang diperoleh melalui kegiatan seminar yaitu kemudahan
dalam membagikan brosur kepada peserta seminar sehingga diharapkan relatif
mudah menjaring konsumen baru yang datang pada acara seminar tersebut. Hasil
analisis selama mengikuti kerja praktek menunjukan bahwa perusahaan lebih
memprioritaskan promosi dibandingkan dengan aspek bauran pemasaran lainnya,
dikarenakan promosi dapat lebih luas menjangkau calon investor atau pemegang
polis.
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan sebelumnya
maka dapat disimpulkan bahwa AJB Bumiputera Syariah secara keseluruhan sudah
menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix), yaitu AJB
Bumiputera telah memiliki produk asuransi jiwa syariah yang beragam, dengan
premi atau harga yang relatif terjangkau, menerapkan promosi yang fokus dan
terarah melalui seminar-seminar dan mendistribusikan produk melalui jalur
distribusi personal selling yang memadai. Aspek promosi lebih
mendapatkan prioritas dibandingkan dengan aspek bauran pemasaran lainnya karena
dianggap dapat meluaskan jangkauan calon pemegang polis. Untuk lebih
meningkatkan volume penjualan, perusahaan perlu memiliki alternatif media lain
untuk tujuan promosi sebagai pendorong.
Link sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar