Minggu, 30 Juni 2013

Pengorganisasian Pengembangan Produk



      Banyak perusahaan yang membuat departemen tersendiri untuk bagian penelitian dan pengembangan produk, kemudian departemen rekayasa manufaktur untuk merancang produk, dilanjutkan departemen produksi yang memproduksi secara masal produk tersebut. Cara seperti itu mempunyai kelemahan, yaitu kekurangan pemikiran kemasa depan. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menugaskan seorang manajer produk untuk “menenangkan” produk melalui system pengembangan produk dan organisasi terkait.     
      Ada juga pendekatan yang terbaru yaitu dengan menggunakan tim yang dikenal sebagai berikut.

     1.       Tim Pengembangan Produk yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan permintaan pasar menjadi sebuah produk yang dapat mencapai keberhasilan produk dalam arti dapat dipasarkan, dapat diproduksi dan mampu memberikan pelayanan.
     2.       Tim Desain yang  bertanggung jawab dalam membuat desain produk sesuai keinginan konsumen dan sesuai dengan kemampuan perusahaan untuk memproduksinya.
     3.       Tim Rekayasa Nilai yang biasanya terbentuk dari gabungan semua unsur yang terpengaruh yang di kenal dengan lintas fungsional sehingga pengembangan produk yang lebih cepat dilakukan melalui kinerja simultan dari aspek yang beragam.
  
    Manufacturability dan Value Engineering
            Manufacturability dan Value Engineering adalah aktivitas yang menolong memperbaiki desain, produksi ,pemeliharaan dan penggunaan sebuah produk. Hal ini dilakukan dengan tujuan antara lain:
      a.       Mengurangi kompleksitas produk.
      b.      Standarisasi tambahan dari komponen.
      c.       Perbaikan aspek fungsional produk.
      d.      Memperbaiki desain pekerjaan dan keamanan pekerjaan.
      e.      Memperbaiki kemudahan pemeliharaan produk.
      f.        Desain yang tangguh.

 Comment: With the team in charge of calm, so that the company experienced an improvement in product and design .

Source: Sari Kuliah Manajemen Produksi by Daryanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar