Kamis, 26 Maret 2015

Bahasa Indonesia

 REVIEW PAPER

Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa
Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok



1Abung Fayshal
2Henny Medyawati


1Mahasiswa Program DIII, Manajemen Pemasaran, Universitas Gunadarma
Abung_fayshal@yahoo.co.id
2LEPMA, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma


Pendahuluan


        Dalam kehidupan sehari – hari kita melakukan kegiatan yang bermacam-macam, seperti kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran sebagai salah satu kegiatan operasional perusahaan merupakan hal penting guna meningkatkan volume penjualan serta mengenalkan barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada masyarakat.Untuk mengenalkan suatu produk , perusahaan memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada konsumen. Akan tetapi, keputusan konsumen dalam menjatuhkan pilihan sangat dipengaruhi oleh persepsi yang ada dibenaknya (Kertajaya, 1996).


        Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat factor dari bauran pemasara (Marketing Mix). Bauran pemasaran digunakan untuk menggambarkan set variable pemasaran yang dipakai oleh organisasi untuk menghasilkan pertukaran dengan konsumen (Goodwin, 1994). Bermacam-macam factor dalam bauran pemasaran tetapi berkaitan dengan distribusi (place) dalam bauran pemasaran, secara umum perusahaan perusahaan asuransi menggunakan tiga jenis utama dari system distribusi, yaitu berdasarkan (1) system keagenan (agency-building distribution system), (2) the multiple line agency system dan (3) the home service system (Goodwin, 1994).


        Perusahaan asuransi harus melakukan analisis dengan cermat untuk mengidentifikasi faktor yang paling efektif dan yang paling ekonomis. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan asuransi harus meninjau seluruh bauran secara rinci. Selain itu, perusahaan asuransi harus meninjau penerapan bauran pemasaran secara teratur pemasaran, departemen pemasaran juga harus bekerja sama dengan departemen lain dalam penerapan bauran pemasaran. Jadi bauran pemasaran dapat didefinisikan sebagai upaya mengintegrasikan tawaran dari perusahaan yang terdiri dari produk dan harga yang disertai akses (jalur) yang baik dan komunikasi yang dapat menyampaikan informasi mengenai produk ,merk dan perusahaan sehingga tercipta kekuatan di pasar.


       Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan AJB Bumiputera Syariah, dalam hal ini khususnya AJB Bumiputera Syariah yang terletak di kantor cabang Depok. AJB Bumiputera Syariah yang merupakan objek penelitian ini, merupakan perusahan asuransi yang sudah lama berkembang di Indonesia. AJB Bumiputera Syariah sendiri sudah menjadi salah satu perusahaan yang terbesar dan salah satu yang terlama di Indonesia. Untuk menjadi perusahaan asuransi yang terbesar dan terlama tidaklah mudah, diperlukan strategi manajemen dan pemasaran yang kuat.


Metodologi Penelitian

        Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Syariah Cabang Depok yang beralamat: Jl.Margonda Raya No.270A Kota Depok, yang bergerak dalam asuransi jiwa berbasis syariah dengan metode observasi langsung. Adapun kegiatan kerja praktek pada AJB Bumiputera ada pada Tabel 1. berikut.



No
TANGGAL
KEGIATAN KERJA PRAKTEK
1.
1 Agustus 2011
Perkenalan
2.
2 Agustus 2011
Pengenalan produk-produk asuransi
3.
3-10 Agustus 2011
Mendalami cara pemasaran produk AJB BUMIPUTERA SYARIAH dengan Supervisor
4.
11-15 Agustus 2011
Pengambilan data berupa Latar belakang sejarah perusahaan dan struktur organisasi dan Mempelajari dan memahamu satu persatu produk AJB BUMIPUTERA SYARIAH
5.
16-18 Agustus 2011
Ikut terjun langsung kelaparan bersama Supervisor
6.
19 Agustus 2011
Menyelesaikan Kerja Praktek


Hasil dan Pembahasan


       Berdasarkan hasil pengamatan danpraktek langsung, AJB Bumiputera Syariah menerapkan strategi bauran pemasaran. Adapun rincian bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan adalah sebagai berikut:

Product (Product)
Berikut ini adalah uraian untuk kedua produk asuransi tersebut:
Produk Asuransi Investasi:
      -          Mitra Iqro : Asuransi Pendidikan
      -          Mitra Sakinah : Asuransi Pensiun
      -          Mitra Mabrur : Asuransi Haji
Produk Asuransi Umum
      -          Asuransi Rumah
      -          Asuransi Kecelakaan Diri
      -          Asuransi Kesehatan
      -          Asuransi Mobil
      -          Asuransi Motor
      -          Asuransi Karyawan
      -          Asuransi Siswa/Mahasiswa
      -          Asuransi Lainnya baik untuk perorangan maupun perusahaan/Intansi


Harga (Price)
Adapun contoh ilustrasi untuk perhitungan premi asuransi syariah Mitra Iqra adalah sebagai berikut: (Asuransi Bumiputera Syariah, 2012).
Jika besar simpanan premi Rp. 6000/hari, maka total premi setahun Rp. 2.160.000, usia pemegang polis adalah 30 tahun, memiliki anak usia 1 tahun dan masa asuransi 17 tahun maka manfaat awal yaitu tota premi 17 tahun adalah Rp. 36.720.000,00. Asumsi hasil investasi 12% dan bagian hasil investasi 70%.. Hasil manfaat yang diperoleh:
Total simpanan premi selama 17 tahun Rp. 36.720.000,00 (Manfaat Awal-MA). Manfaat total simpanan premi akan diberikan kepada anak pada saat masuk sekolah yaitu:
TK (10% MA) = Rp. 3.672.000
SD (10%MA) = Rp. 3.672.000


Distribusi/Tempat (Place)
Faktor penunjang lainnya seperti letak kantor operasional AJB Bumiputera Syariah Cabang Depok, yang terletak di Jl. Margonda Raya Depok, relatif strategis karena berada di kawasan jalan utama. Hal ini memudahkan bagi para konsumen yaitu pemegang polis yang ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi jiwa syariah, dan untuk lokasi pembayaran premi. Kantor pusat AJB Bumiputera Syariah terletak di Jl. Wolter Monginsidi No. 63/43 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.


Promosi (Promotion)
Promosi yang dilakukan oleh AJB Bumiputera Syariah yaitu dengan menjadi sponsor seminar-seminar asuransi berbasis syariah dengan tujuan mengambil keuntungan dari digelarnya seminar tersebut. Kesempatan yang diperoleh melalui kegiatan seminar yaitu kemudahan dalam membagikan brosur kepada peserta seminar sehingga diharapkan relatif mudah menjaring konsumen baru yang datang pada acara seminar tersebut. Hasil analisis selama mengikuti kerja praktek menunjukan bahwa perusahaan lebih memprioritaskan promosi dibandingkan dengan aspek bauran pemasaran lainnya, dikarenakan promosi dapat lebih luas menjangkau calon investor atau pemegang polis.

Kesimpulan 

       Berdasarkan pembahasan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa AJB Bumiputera Syariah secara keseluruhan sudah menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix), yaitu AJB Bumiputera telah memiliki produk asuransi jiwa syariah yang beragam, dengan premi atau harga yang relatif terjangkau, menerapkan promosi yang fokus dan terarah melalui seminar-seminar dan mendistribusikan produk melalui jalur distribusi personal selling yang memadai. Aspek promosi lebih mendapatkan prioritas dibandingkan dengan aspek bauran pemasaran lainnya karena dianggap dapat meluaskan jangkauan calon pemegang polis. Untuk lebih meningkatkan volume penjualan, perusahaan perlu memiliki alternatif media lain untuk tujuan promosi sebagai pendorong.


Link sumber : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar