Kamis, 19 Maret 2015

Makanan Sehat Untuk Diet



Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang kita favoritkan. Makanan dan minuman yang lezat untuk kita nikmati pada pagi, siang dan malam hari. Akan tetapi mengkonsumsi makanan dan minuman yang melebihi porsinya bisa fatal. Seperti kegemukan atau obesitas, dimana tubuh mengalami kelebihan lemak yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Banyak sekali orang yang mengalami obesitas karena mengkonsumsi lebih dari porsinya.Dengan mengalami obesitas , kita mengalami kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan menggangu aktivitas sehari-hari dan juga menggangu penampilan seseorang.

Kelebihan berat badan dapat diatasi dengan melakukan diet. Diet digunakan untuk menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi, dimana kita mengurangi asupan yang kandungannya tidak melebihi kapasitas. Kapasitas yang dimaksud adalah tidak mengandung banyak kalori, kalori yang terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan. Jadi, makanan dan minuman yang rendah kalori adalah makanan sehat untuk diet.

Makanan sehat untuk diet bisa kita buat sendiri dirumah, agar kita mengetahui takaran yang berkalori rendah dalam setiap bahan makanan. Berikut adalah makanan diet yang bisa kita konsumsi :

  1.   Apel
Makanan jenis buah-buahan ini sangat enak dikonsumsi. Apel mengandung vitamin c dan berkalori rendah. Untuk dapat hasil yang maksimal, konsumsilah bersama dengan kulitnya yang sudah dibersihkan.

  2.  Kacang Almond
Kacang almond banyak mengandung serat , dimana terdapat zat besi dan vitamin e. Lebih baik mengkonsumsi almond yang masih mentah atau sudah diolah, tetapi yang sudah diolah itu tidak dibumbui. Seperti diberi garam ataupun yang manis, karena akan menggagalkan program diet.

  3.  Bluberry
Bluberry mempunyai serat yang tinggi dan juga vitamin c. Berbagai jenis pilihan bluberry sama saja mempunyai serat yang baik untuk kesehatan kita. Bluberry dapat langsung dimakan dan dapat dibuat olahan makanan seperti yoghurt dan salad dan tetap baik untuk program diet.

  4.  Bayam
Jenis sayur ini mempunyai kandungan zat besi, serta vitamin A dan C yang baik untuk program diet . Bayam juga baik untuk gizi, maka banyak anak-anak yang mengkonsumsi bayam untuk gizi mereka.

  5.  Kacang Merah
Kacang merah memiliki banyak kandungan, seperti serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium tinggi, dan vitamin serta mineral. Bila ingin mengolah kacang merah jangan digorang, akan tetapi diolah dengan ditambahkan pada salad atau sup.

  6.  Brokoli
Jenis sayuran ini sangat tidak heran lagi untuk kaum yang melakukan diet, karena mempunyai kalori yang sangat rendah. Brokoli mengandung kalsium dan vitamin A serta C . Mengolah brokoli dapat direbus, atau bisa dikombinasikan untuk sarapan pagi dengan omelet brokoli.

  7.  Ubi
Ubi mudah kita jumpai, karena banyak orang yang menanam ubi dihalaman rumah mereka. Ubi mempunyai banyak vitamin, hamper semua vitamin ada di ubi. Ubi makanan cukup berat, jadi makanlah ubi pada siang hari agar menambah energi.

  8.  Salmon
Salmon adalah jenis ikan yang mengandung protein tinggi, baik untuk diet. Salmon juga memiliki kolesterol yang rendah, baik untuk kesehatan kita. Mengolah salmon janganlah digoreng, lebih baik dibakar.

  9.  Gandum
Berbagai jenis gandum baik untuk program diet, seperti sereal gandum ataupun roti gandum. Gandum dapat kita nikmati untuk sarapan pada pagi hari, yang dapat membuat kita tidak lapar sampai siang hari.

 10.Kedelai
Kedelai itu memiliki kandungan omega 3, baik untuk pertumbuhan. Kedelai dapat diolah menjadi susu, tahu ataupun tempe, yang dapat bisa kita nikmati.

Berikut adalah makanan sehat untuk diet yang anda dapat lakukan dalam program anda. Bila ingin melakukan diet, imbangilah dengan olahraga agar dapat mempertahankan kondisi berat anda yang tetap. Dan juga makanlah tidak melebihi porsi, karena dapat menggagalkan program diet.

Tidak hanya itu , semua harus dilakukan dengan niat. Karena dengan niat kita bisa memulai dengan semangat dalam program diet. Tetap menjaga kalori 1500/ hari agar supaya badan selalu sehat, jangan sampai kekurangan kalori karena memperlambat system metabolisme. Nikmatilah makanan ,jangan terlalu terburu buru agar makanan bisa dapat diolah didalam tubuh dan tidak menumpuk yang akan menjadi lemak.

Jangan lupa selalu minum air putih, karena dengan minum air putih bisa mengurangi bobot 2,5 kg . Maka jangan lupa minum air putih sehari 8 gelas agar tidak dehidrasi yang bisa mengakibatkan metabolism terganggu.

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar