Minggu, 14 Oktober 2012

Fungsi Manajemen dalam Pengorganisasian

Semua sepakat bahwa fungsi manajemen digunakan untuk mencapai suatu tujuan perusahaan yang efektif dan efesien . Sebagaimana definisi manajemen yang di kemukakan G.R. Terry, bahwa manajemen adalah suatu proses aktivitas organisasi yang dijalankan untuk mencapai suatu tujuannya . Agar tujuan tersebut dapat dicapai, maka proses manajemen harus dilakukan dengan baik.

Fungsi pengorganisasian daoat dikatakan sebagai proses penciptaan hubungan antara berbagai fungsi personilia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat , serta terarah pada satu tujuan .

Seperti dikemukan oleh G.R Terry , bahwa :

Organizing is the establishing of effective behavioral relationship among persons,so thatmay work efficiently and gain personal satisfaction in doing selected tasksunder given environmental conditions for the purpose of achievening some goal or objective.

Pengorganisasian adalah tindakan mengusahakan hubungan-hubungan kelakuan yang efektif antara orang-orang sehingga mereka dapat bekerja sama secara efesien dan dengan demikian memperoleh kepuasaan pribadi dalam hal melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atau sasaran tertentu.

Pengorganisasian merupakan tahap lanjutan setelah perencanaan, agar implementasi perencanaan dapat berjalan denganefektif dan efesien. Oleh karena itu , fungsi pengorganisasian dapat ditafsirkan sebagai kegiatan membagi-bagi pekerjaan , yaitu di antara orang-orang yang bekerjasama.

Hasil dari pengorganisasian adalah struktur formal yang akan menetapkan tanggung jawab masing-masing bagian yang terlibat di dalam pelaksanaan rencana . Dengan adanya struktur organisasi formal akan terbentuk garis komunikasi, sehingga diketahui siapa memerintah siapa. Manajer harus memiliki kemampuan untuk menentukan jenis organisasi apa yang di butuhkan untuk mencapai seperangkat tujuan tertentu . Mereka harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan jenis organisasi serta memimpinnya .

(A.F.Stoner,1992;19)
(Malayu S.P Hasibuan,2005:119)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar