Minggu, 21 Oktober 2012

Keterampilan Teknis pada Manajamen

Keterampilan yang merupakan bekal bagi seorang manajer adalah keterampilan teknis ( technical skill ). Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah . Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu , misalnya memperbaiki mesin , membuat kursi , merangkai bunga dan keterampilan tekni lainnya .

Kemampuan manajemen yang diperlukan pada berbagai level organisasi atau tingkatan manajemen , yaitu top management , midddle management , low management .
1. Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan reana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.
3. Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor.

Diketahui bahwa pada tingkatan manajemen puncak (top management), kemampuan manajemen yang di perlukan lebih banyak kemampuan sosial manusiawi di bandingkan dengan kemampuan konseptual dan teknis . Sebaliknya pada tingkatan manajemen bawah (low management), justru kemampuan teknis yang merupakan kemampuan yang lebih banyak di perlukan .


http://ilhamhidayat.blog.com/2009/10/01/tingkatan-manajemen-dan-manajer-dan-keterampilan-manajer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar