Jumat, 03 April 2015

JURNAL



ANALISIS JARINGAN DENGAN CPM (CRITICAL PATH METHOD) PADA PROSES PRODUKSI JAKET JEANS UD EDLY’S

Adinda Ridwan

Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Adindaridwan098@gmail.com

ABSTARCT

Di bidang industry perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju, untuk memudahkan proses produksi . Oleh karena itu UD.Edly’s  dituntut untuk menjalankan strategi agar tetap bersaing dengan usaha-usaha kecil menengah lainnya. Salah satu caranya adalah menyusun suatu rangkaian kegiatan, dimana semua rangkaian kegiatan tersebut akan memakan waktu dan biaya yang sudah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyelesaian proses produksi agar dapat selesai tepat waktu. Analisis jaringan (Network Analisys) digunakan dalam penelitian ini. Data berupa urutan proses produksi, waktu, dan biaya yang diperlukan oleh setiap urutan diperoleh melalai pengamatan langsung di lokasi penelitian. Metode jalur kritis (Critical Path Method), khususnya metode algoritma Earliest Start Time & Earliest Finish Time and Latest Start Time & Latest Finish Time digunakan untuk menganalisis data.

Kata Kunci : analisis network; Critical Path Method; waktu proses produksi; biaya proses produksi


PENDAHULUAN

Perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi dalam dunia usaha menyebabkan perubahan di bidang industri . Proses produksi yang semula dikerjakan secara tradisional berubah dikerjakan menggunakan mesin. Proses menggunakan mesin tidak hanya digunakan di bidang industri , akan tetapi digunakan di UKM (Usaha Kecil Menengah) . Perkembangan usaha kecil menengah diakibatkan kemudahan proses produksi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi . Mereka berlomba-lomba menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen . Dengan demikian setiap UKM (Usaha Kecil Menengah) harus menjalankan strategi tertentu agar tetap bersaing dengan usaha-usaha kecil menengah lainnya.
Selain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, persaingan dunia usaha menyebabkan dunia usaha mengalami perubahan cukup pesat. Perubahan tersebut membuat usaha kecil menengah mengaturnya dengan sebaik mungkin untuk mencapai keuntungan yang maksimal . UKM (Usaha Kecil Menengah) mengatur dengan berpedoman pada fungsi manajemen yaitu perencanaan dan pengendalian. 
Dalam melakukan aktifitas usaha perlu menyusun suatu rangkaian kegiatan, dimana semua rangkaian kegiatan tersebut akan memakan waktu dan biaya yang sudah ditentukan . Supaya dalam pelaksanaan pekerjaan bisa mengetahui penyelesaian semua kegiatan maka perlu ditentukan urutan kegiatan dan biaya kegiatan . Dengan melakukan kegiatan tersebut , pekerja harus melakukan usaha agar mengetahui kegiatan. 
Usaha untuk mengetahui waktu kegiatan adalah dengan menggunakan alat analisa jaringan kerja / analisa network dengan metode CPM (Critical Path Method) yang merupakan suatu metode analisa yang mampu memberikan informasi kepada manajer untuk dapat melakukan perencanaan dan pengendalian suatu kegiatan produksi yang akan dilaksanakan. Analisis network dapat menggambarkan jaringan kerja tertentu yang harus dijalankan dalam urutan tertentu. Dengan demikian penyimpangan maupun kesalahan yang muncul serta kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana dapat dilihat dan dihindari sedini mungkin, sehingga dapat mengurangi resiko yang dapat merugikan perusahaan .
Dengan begitu dapat dilihat apakah kegiatan mengalami keterlambatan dari proses produksi atau kemungkinan perubahan jalur kegiatan produksi yang lebih baik atau lebih ekonomis. Adanya jaringan kita dapat mengetahui waktu dan biaya penyelesaian yang berbeda – beda dari serangkaian pekerjaan .
Berdasarkan latar belakang, maka penulis mengangkat masalah untuk diteliti, yaitu bagaimana tahapan-tahapan pekerjaan produksi untuk mengetahui diagram network dan jalur kritis proses produksi pada UD.Edly’s ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penyelesaian proses produksi agar dapat selesai tepat waktu.

          METODE PENELITIAN

          Objek Penelitian

                   Objek penelitian dari penulisan ilmiah adalah industri kecil yang bergerak di bidang konveksi jaket berbahan jeans bernama “ UD. Edly’s” , yang beralamat Jl Panjang Kampung Baru Rt 08 Rw 03 No: 24, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk Jakarta Selatan.

          Jenis dan Teknik Pengumpulan Data
           
                    Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa urutan proses produksi serta waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap kegiatan proses produksi. Data tersebut diperoleh dengan melakukan observasi langsung di tempat produksi UD.Edly’. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan metode analisis jaringan kerja (network analysis) dan metode jalur kritis (Critical Path Method). Dalam penelitian ini metode yang diterapkan adalah metode algoritma, yaitu sebagai berikut.
(1) Earliest Start Time (ES), di mana ES = EF-1
(2) Earliest Finish Time (EF), di mana EF = ES + t
(3) Latest Finish Time (LF), di mana LF = LS-1
(4) Latest Start Time (LS), di mana LS = LF – t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar